Manfaat besar shalat subuh untuk kesehtan

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
Para pembaca yang budiman pada kesempatan kali ini kami atas nama pengelolah blog ini ingin mengajak saudara pembaca sekalian agar kembali memiliki rasa tanggung jawab pada sesuatu yang wajib pada diri anda yaitu shalat, akan tetapi kali ini kami hanya membahas seputar manfaat  shalat subuh
Para pembaca yang budiman  Sholat subuh yang dilakukan umat muslim waktu pagi hari ini memang memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaatnya terletak pada waktunya dan gerakan sholat subuh. Banyak orang yang masih mengangap tidak penting waktu sholat subuh. Apalagi di karna kanra faktor waktu yang  Banyak yang beralasan malas bangun karena waktu terlalu pagi, masih mengantuk, dan udara yang dingin. Jika alasan yang berkembang seperti itu, mengapa Allah SWT, perintahkan sholat subuh kepada manusia di pagi hari yang dingin pasti ada dasar dan tujuan untuk kepentingan dan manfaat yang bisa dinikmati umatnya.
Berikut dipaparkan Bukti manfaat dan keuntungan melakukan sholat subuh bila dilihat secara medis, sebagai bukti bahwa bisa diukur pemahaman tentang kehebatan sholat subuh selain secara agama, bisa anda renungkan sejenak bahwa :
·         Pada pagi dini hari sekitar jam 03 pagi sampai siang hari, secara perlahan dalam tubuh manusia terjadi proses peningkatan adrenalin yang menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat. Selanjutnya terjadi peningkatan aktifitas agregasi tombrosit (sifat saling menempel pada sel tombrosit yang mengakibatkan darah membeku) walaupun posisi kita sedang tertidur. Penyempitan dari pembuluh darah akan berefek negatif bagi tubuh manusia karena, darah yang mengalir pada seluruh tubuh akan menjadi tidak lancar. Tubuh manusia memerlukan suatu zat yang ada pada sel pembuluh darah untuk melebarkan kembali pembuluh darah. Zat tersebut bernama NO (Nitrik Oksida). Saat kita bangun di pagi hari menjalankan sholat, tubuh akan menjadi aktif menaikkan kadar zat NO dalam tubuh. Gerakan-gerakan yang dibangun pada pagi hari membuat produksi zat NO naik lebih cepat sehingga mencegah darah membeku karena efek agregasi tombrosit berkurang. Setelah sholat tentunya kita melakukan hal lain, misal mengaji, menyiapkan sarapan, olahraga dan lainnya.
·         Pada waktu pukul 06 pagi sampai pukul 12 siang, serangan jantung akan menjadi cepat pada antara waktu-waktu tersebut. karena pada saat itu terjadi peningkatan tegangan saraf simpatis, dan penurunan tegangan saraf parasimpatis dalam tubuh manusia. Apabila anda telah bangun dan melaksanakan sholat subuh yaitu sebelum pukul 06.00 pagi maka dengan gerakan sholat subuh dan aktifitas lainnya yang dilakukan akan membuat saraf tubuh dan jantung anda lebih sehat. untuk itu pada umumnya orang melakukan olahraga disaat pagi hari.
·         Mandi sebelum melaksanakan sholat subuh akan lebih sehat lagi. Karena tubuh akan cepat pulih dari rasa lemas mengantuk sehingga pikiran lebih cemerlang. Mandi sebelum sholat memiliki keuntungan berharga yaitu kita melaksanakan sholat subuh dengan keadaan tubuh segar dan pikiran jernih sehingga bisa menghadap Allah SWT dengan percaya diri.
·         Bangun di pagi buta dan melakukan aktifitas gerakan sholat subuh, maka dipastikan akan membantu mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular. Semoga untuk keesokan harinya kita lebih giat bangun dini hari guna mengambil banyak-banyak manfaat kesehatan jasmani dan rohani.

Previous
Next Post »

Mari Berkomentar, Belajar dari sekarang untuk menjadi komentator handal :) EmoticonEmoticon